Minggu, 15 April 2012

MENJAGA KULIT WAJAH TETAP SEHAT & SEGAR

Menjaga Kulit Wajah Tetap Bersih & Segar

Posted by: Editor on: Februari 6, 2010
Kulit wajah yang kering terlihat tidak segar dan kuyu. Kulit wajah kering dapat disebabkan oleh kurangnya perawatan dan cuaca. Musim hujan, dengan suhu udara yang dingin, sering kali membuat kulit wajah dan tubuh menjadi kering, gatal, dan mudah teriritasi.
Agar tidak timbul dampak buruk kemudian hari, kulit yang kering ini harus segera dirawat. Berikut ini cara merawat kulit wajah agar bersih dan segar:
Kualitas air
Kualitas air benar-benar memengaruhi kesehatan kulit. Karena itu, perhatikan kualitas air yang Anda gunakan. Apakah air yang Anda gunakan itu bersih? Bebas bau? Bebas dari kotoran?
Minum teh hijau
Andrea Cambio, ahli dermatologi di Cape Coral, Florida, menyarankan orang untuk minum teh hijau dingin. Mengapa? Karena minuman panas bisa memperparah kemerahan pada kulit dan menyebabkan rosacea (gangguan kulit yang umum pada usia paruh baya dan usia tua). Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) bisa mencegah perusakan kolagen yang mengarah kepada pembentukan kerutan seperti kulit yang rusak akibat sinar matahari.
Mengelola stres
Stres meningkatkan produksi hormon kortisol pada tubuh dan mengurangi kemampuan kulit untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Anda bisa mengelola stres dengan cara melakukan latihan yoga, latihan mengolah pernapasan atau meditasi. Latihan-latihan itu akan membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, rosacea, dan seborrhea.
Hindari polusi
Asap rokok bisa menyebabkan radikal bebas yang merusak dan mempercepat penuaan kulit. Asap kendaraan bermotor pun dapat merusak kulit. Kesehatan kulit Anda tergantung pada kebersihan udara. Karena itu, gunakan penyaring udara, bersihkan kipas angin atau AC, dan gunakan kipas pengisap udara saat memasak.
Pasta gigi yang tepat
Pasta gigi yang memiliki kandungan tartar atau perasa tambahan seperti kayu manis bisa membuat kulit mengalami kondisi perioral dermatitis. Kondisi ini menyebabkan kondisi serupa dengan jerawat, kemerahan, dan pecah-pecah di sekitar mulut. Pilihlah pasta gigi yang polos.
Pilih produk rambut berbahan dasar air
Beberapa kondisioner, pomade, pembuat volume, dan styling cream mengandung minyak atau lilin yang bisa menghambat pori-pori dan menyebabkan jerawat, khususnya di bagian dahi, punggung dan bagian tumbuh rambut sekitar wajah. Carilah produk yang berbahan dasar air dan hindari produk yang mengandung minyak mineral, beeswax, atau microcrystalline wax.
Tidur lelap
Saat Anda terlelap, kulit memperbaiki dirinya. Kalau Anda kurang tidur, tubuh akan mengalami stres, sehingga mengeluarkan adrenalin dan kortisol yang memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Tidurlah selama 7-8 jam per hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar